Coban Rais, Tempat Wisata Hits dan Mempesona yang Mendadak Banyak Sampah

Salah satu tempat tumpukan sampah di Coban Rais

Pada hari minggu tanggal 14 Mei 2017, Kami Watu Biru Adventure bersama penggagas acara teman-teman Kubu Barat (Panitia Save The Earth Mission) dan teman teman WildWater dan didukung oleh Perhutani mengadakan kegiatan bersih-bersih sampah di wisata air terjun Coban Rais yang berlokasi di Dusun Dresel Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu.

Belakangan ini Coban Rais memang  menjadi Viral di beberapa media sosial terutama Instagram. Selain ada wisata air terjun, di tempat ini juga terdapat beberapa spot foto dan wisata buatan yang tidak kalah keren. diantaranya seperti, Spot foto ayunan, Hammock dan tulisan berbentuk I Love You, selain itu ada Taman Bunga dan Sepeda Terbang dan masih ada jenis wisata lain.

Oke kita kembali membahas kegiatan bersih-bersih ya :D

Kegiatan bersih-bersih ini di mulai pukul 08.00 WIB. Semua peserta langsung berkumpul di lokasi loket Coban Rais. Kegiatan sendiri di awali dengan acara briefing oleh penggagas acara mas Andre Setyawan dari Kubu Barat dan dilanjutkan dengan Doa.

Selanjutnya sekitar pukul 09.00 Wib Tim Bersih-Bersih ini langsung menuju ke lokasi Air Terjun setelah kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan kami akhirnya sampai di lokasi. Setelah sampai disana seluruh Tim langsung bergerak melakukan pemungutan dan pengumpulan sampah (khususnya anorganik) di sekitar lokasi air terjun. 

Kegiatan pengumpulan sampah

Sekitar 30 menit pengumpulan sampah, seluruh Tim Bersih-bersih ini berhasil mengumpulkan 20 kantong Sampah dengan kisaran berat total kurang lebih 1 kuintal (100Kg). Kebanyakan Sampah yang kita kumpulkan berupa: Botol Minuman, Bungkus Makanan, Plastik dan Kresek, Pampers Balita dan masih ada jenis sampah lain.

Tim Bersih-Bersih dengan Hasil Pengumpulan Sampah

Setelah berhasil mengumpulkan semua sampah, tiba saatnya untuk tim bersih-bersih menikmati indahnya dan eksotisnya air terjun coban rais. Sebagian ada yang foto-foto, bermain air dan ada juga yang minum kopi dan menikmati cemilan serta biskuit.

Watu Biru Adventure

Selanjutnya sekitar pukul 12.00 WIB seluruh tim memutuskan untuk turun dan membawa serta seluruh sampah yang telah berhasil dikumpulkan. Dan tidak ketinggalan juga menyisir sampah yang terdapat di sepanjang jalan selama turun. 

Istirahat Dulu Bang


Oke Bang Aku masih STRONG

Setelah kurang lebih satu jam perjalanan seluruh Tim akhirnya sampai lagi di Lokasi Loket wisata air terjun Coban Rais dan menaruh seluruh sampah yang telah berhasil di kumpulkan.

Tumpukan Sampah yang Berhasil Dibawah Turun

Dan diakhir acara kini tiba saatnya untuk seluruh tim melepas lelah dan tidak ketinggalan mengisi lagi tenaga (baca:makan) dan saling mengobrol satu sama lain untuk menambah keakraban.


Kegiatan ini tidak bertujuan untuk mencari Sensasi atau hanya sekedar Eksistensi tapi Lebih bertujuan untuk mengajak PEDULI dan semoga bisa MENGINSPIRASI semua pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan di tempat wisata Coban Rais dan juga tempat wisata lainnya.

Jika Tidak mampu membuat  Bersih, jangan membuat kotor.
Sampah itu Indah jika dibuang pada tempatnya,  Salam Lestari.


Kami mengucapkan Terima Kasih kepada penggagas acara dan seluruh temen-temen dari  Kubu Barat Adventure (panitia Save The Earth Mission)  serta temen-temen dari WildWater serta Perhutani. Semoga upaya kita dalam memerangi sampah dapat ditindak lanjuti oleh pengelola wisata setempat sehingga terwujud Area Wisata yang yang Bebas Sampah.

Dan untuk sahabat Watu Biru tetap jaga kebersihan di Tempat Wisata yang kalian kunjungi, karena tempat wisata bukan area membuang sampah.


jangan lupa follow medsos kami 
Akun Instagram @Watubiruadventure
Akun Facebook @WatubiruOtdoor / Fanspage @Watubiruadventure
Akun Twitter @WatuBiruMalang

Selamat Berlibur, Selamat berpetualang dan tetap jaga Kebersihan di Area Wisata


#WatuBiruAdventure #CompleteYourAdventure

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Coban Rais, Tempat Wisata Hits dan Mempesona yang Mendadak Banyak Sampah"

Post a Comment