"Putri Tidur" yang bisa untuk di Jamah Para Pendaki

Bagi sebagian besar pendaki di Malang mungkin tidak asing lagi dengan ”istilah” Gunung Putri Tidur. Lokasi gunung ini membentang antara Kabupaten Malang sampai Kota Batu dan sekitar 30 km kea rah barat dari Kota Malang.
Gunung Putri Tidur ini merupakan deretan pegunungan, diantaranya Gunung Panderman (kaki), Gunung Kawi (Dada) dan Gunung Buthak (Kepala). Bentuk Gunung Putri Tidur ini akan terlihat jelas jika dilihat daerah Kota Malang. Bagian dari Gunung Putri Tidur ini juga sering menjadi objek pendakian.

Gunung Panderman yang terletak di Kota Batu ini merupakan gunung yang paling sering menjadi tujuan pendakian. Gunung ini memiliki ketinggian 2000 Mdpl dan estimasi perjalanan sekitar 3-4 jam menuju puncak. Gunung ini sangat cocok untuk pendaki pemula.
Gunung Panderman yang sering dikenal dengan puncak basundaranya ini memilki 2 jalur pendakian yaitu: Jalur via Dukuh Toyomerto, Desa Pesanggrahan dan jalur via Curah Banteng.

Untuk jalur Toyomerto cukup mudah. Dari alun-alun batu, menuju kea rah barat, pada perempatan ke dua berbeloklah kea rah kiri. Berikutnya kita akan tiba di perembatan, tengok jalan ke kanan terdapat gapura “Wisata Panderman”. Gapura tersebut merupakan pintu masuk Desa Pesanggrahan. Dari tempat tersebut terus lurus mengikuti jalan utama. Medan jalan disini sangat menanjak dan terdapat dua belokan tajam jadi kalian harus hati-hati jika kesana. 

Puncak Basundara-Gunung Panderman

Gunung Kawi terletak 15 KM dari kota Malang, gunung dengan ketinggian 2.551 Mdpl ini merupakan salah satu gunung terkenal di Jawa Timur. Masyarakat mengenal gunung ini lebih dari hanya sekedar gunung. Ya, gunung yang memiliki julukan gunung pesugihan ini terkenal akan wisata religi dan tempat untuk melakukan ritual mencari pesugihan.

Salah satu jalur pendakian ke gunung Kawi via Keraton yang terletak di dusun Gendogo, desa Balesari, kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Di mana jalur ini memiliki lama pendakian dari basecamp menuju puncak sekitar 12 jam perjalanan. Selain tersedia mata air sebelum menuju puncak, jalur ini masih kental dengan budaya lokal dan tapak sejarah gunung Kawi.

Photo by Ali  Sujarno (KPGM)

Gunung Buthak mempunyai puncak dengan ketinggian 2868mdpl. Dan mempunyai banyak jalur untuk menapaki puncaknya. Diantaranya:
Jalur Sirah Kencong – Blitar,
Jalur gunung Kawi Kepanjen,
Jalur Desa Gadingkulon-Dau-Malang,
Jalur Bukit Panderman Batu-Malang

Berdasarkan ketinggiannya gunung buthak ini sudah layak menjadi destinasi bagi pendaki expert. Selama pendakian juga akan menemui pemandangan yang indah. Untuk trek juga sudah jelas meskipun bagi yang belum kesana. Berikut beberapa dokumentasi yang berhasi watu biru kumpulkan.
Photo By InformasiPendaki
Berikut foto di Puncak Gunung Buthak:

Photo by Abid (Watu Biru)

Nah bagaimana Sahabat Pendaki Watu Biru, Tertarik untuk menjamah "Putri Tidur" ini..??


Jangan Lupa Follow akun Media Sosial WATU BIRU ADVENTURE 

1. Facebook
 Nama Akun: Watu Biru Otdoor dan Watu Biru Malang
 Fanspage:  Watu Biru Adventure

2. Instagram
 Nama Akun: Watu Biru Adventure

3. Twitter
 Nama Akun: @WatuBiruMalang

Bagi Sahabat Pendaki dan Petualang di daerah Malang yang butuh perlengkapan Outdoor silahkan menghubungi kami disini karena kami siap melengkapi kebutuhan peralatan adventure kalian.

#SemangatBru #WatuBiruAdventure #CompleteYourAdventure #SahabatWatuBiru #SahabatPendaki #SahabatPetualang #InfoPendaki #GunungPanderman #GunungKawi #GunungButhak

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk ""Putri Tidur" yang bisa untuk di Jamah Para Pendaki"

Post a Comment