Tips Mendaki Bagi Yang Belum Pernah (Pemula)



Akhir-akhir ini banyak orang yang mulai hobi mendaki Gunung. Tidak hanya bagi pencinta alam saja, tapi banyak orang yang sudah mulai tertantang untuk melakukan pendakian.Orang-orang tidak lagi menganggap mendaki gunung adalah aktivitas yang ekstrem. Namun jangan pernah menganggap enteng, karena untuk melakukan pendakian diperlukan persiapan khusus agar tidak ada hambatan selama pendakian. Berikut ini beberapa tips untuk Pendaki Pemula sebelum melakukan pendakian:

1.Tentukan dan Cari Informasi Tentang Gunung yang Akan Dikunjungi
Sebelum melakukan pendakian usahakan anda mencari tahu terlebih dahulu informasi berkaitan dengan Gunung yang akan anda kunjungi. Karena ada beberapa Gunung yang memiliki syarat tertentu bagi pendaki sebelum melakukan pendakian. Selanjutnya mencari tahu informasi tentang status Gunung, terutama untuk gunung yang masih aktif. Dan cari informasi juga tentang Treck atau medan yang akan kalian lalui sehingga kalian bisa mempersiapkan diri terlebih dan bisa tahu estimasi waktu yang akan ditempuh.

2.Olahraga Sebelum Melakukan Pendakian
Tips selanjutnya kalian disarankan untuk melakukan olahraga. Olahraga sebelum memulai pendakian sangat  penting untuk dilakukan karena biasanya untuk mendaki gunung dibutuhkan stamina yang kuat. Medan yang tidak biasa, semakin tinggi lokasi, semakin tipis oksigen yang tersedia untuk mendaki gunung.

3. Bawa Barang yang Penting Saja
Pilihlah barang apa saja yang penting untuk dibawa ketika naik gunung. Membawa barang yang belum tentu digunakan di gunung hanya akan menambah beban tas dan bisa menghambat pendakian, misalnya boneka.

4. Sleeping bag dan Tenda
Untuk perlengkapan tidur diperlukan tenda dan sleeping bag . Bawalah tenda yang baik dan sarung tidur (sleeping bag)Sleeping bag mampu menutupi seluruh tubuh dengan baik, kecuali bagian kepala atau muka. Hawa dingin dari tanah yang kita tiduri sering kali masih terasa, kendati sudah memakai kantung tidur.
Untuk menanggulanginya,bisa menggunakan matras. Matras yang terbuat dari karet busa adalah pilihan yang baik karena kemampuannya menyekat hawa dingin dari tanah selain itu juga digunakan sebagai pengganti kasur.

5. Membawa Jaket/Pakaian Hangat
Jaket atau pakaian hangat yang berbahan katun atau wol adalah pilihan baik untuk mendaki gunung. Dan ingat jangan membawa jaket atau pakaian yang berbahan jeans karena bahan ini memang nampak kuat dan praktis, tetapi sulit sekali kering apabila basah.

6. Memakai Ransel (carrier)
Carrier atau tas besar adalah perlengkapan utama dalam pendakian. Carrier ini berguna untuk menampung seluruh perbekalan dan peralatan yang akan di bawa dalam pendakian.

7. Memakai Sepatu Hiking
Kegiatan utama dalam mendaki gunung adalah berjalan dan perlindungan terhadap kaki harus benar-benar diperhatikan. Kaki harus terlindung agar tidak terluka di sepanjang perjalanan.

8. Perlengkapan Memasak dan Makanan
Perlengkapan memasak dan makanan yang cukup adalah salah satu perlengkapan yang harus di bawa pada saat melakukan pendakian. Sebaiknya pendaki membawa kompor yang praktis untuk digunakan seperti kompor gas portable. sedangkan untuk peralatan memasak bisa menggunakan nesting atau Cooking set.

9. Perlengkapan obat P3K
Perlengkapan obat P3K adalah perlengkapan yang harus dibawa pendaki. Sebaiknya bawalah peralatan medis, seperti obat sakit kepala, obat anti mabuk, minyak angin obat merah, perban, dan obat-obat khusus bagi penderita penyakit tertentu.

10. Jas Hujan
Alat ini sangat diperlukan terutama untuk mengantisipasi jika turun hujan saat pendakian. Sebab seringkali cuaca di gunung kurang bersahabat dan turun hujan yang cukup lebat. Selain itu jas hujan juga bisa dimanfaatkan sebagai alas tenda agar suhu tidak begitu dingin.


Bagi yang tidak memiliki perlatan mendaki bisa menghubungi cek disini http://watubirucamp.blogspot.co.id/2017/04/tempat-persewaan-alat-camping-di-malang.html

Terakhir, perhatikan kesiapan mental Anda sedang fit atau tidak untuk melakukan pendakian. Juga perhatikan kesiapan fisik Anda. Selamat mendaki gunung! Salam Lestari.

#SemangatBaru #WatuBiru #CompleteYourAdventure
#SaveGunung #BawaTurunSampahmu #KeepClean
#AyoMendaki #AyoHiking #AyoMuncak
#PersewaanAlatCamping

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Tips Mendaki Bagi Yang Belum Pernah (Pemula)"